![]() |
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SD, MI, DAN SDLB
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting
dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan
suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa
pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai
agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh
melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun
masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan
potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan
Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan
penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam
kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi
spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi
yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia
yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif
membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI
bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia
Indonesia yang taat beragama dan
berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan
manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
1. Menghafal Al Qur’an surat pendek
pilihan
|
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
Aqidah
|
|
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT
melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan
enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun
Iman
|
Ahlak
|
|
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Membiasakan perilaku
jujur
3.2 Membiasakan
perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan
perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin
|
Fiqih
|
|
4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
|
4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
|
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1 Menirukan
ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun
Islam
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
6. Menghafal Al Qur’an surat-surat
pendek pilihan
|
6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Menghafal QS
Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal dua kalimat syahadat
|
7.1 Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2 Menghafal
dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
8.1 Menampilkan
perilaku rajin
8.2 Menampilkan
perilaku tolong-menolong
8.3 Menampilkan
perilaku hormat terhadap orang tua
8.4 Menampilkan
adab makan dan minum
8.5 Menampilkan
adab belajar
|
Fiqih
9. Membiasakan bersuci (thaharah)
|
9.1 Menyebutkan
tata cara berwudlu
9.2 Mempraktekkan
tata cara berwudlu
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an
|
1.1 Mengenal
huruf Hijaiyah
1.2 Mengenal
tanda baca (harakat)
|
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna
|
2.1 Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
Mengartikan lima dari
Asmaul Husna
|
Akhlak
3. Mencontoh perilaku terpuji
|
|
3.1 Menampilkan
perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan
perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan
adab buang air besar dan kecil
|
|
Fiqih
4. Mengenal tatacara wudhu
|
|
4.1 Membiasakan
wudhu dengan tertib
4.2 Membaca
do’a setelah berwudlu
|
|
5. Menghafal bacaan shalat
|
5.1 Melafalkan
bacaan shalat
Menghafal bacaan shalat
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat pendek
pilihan
|
|
6.1 Membaca
huruf hijaiyah bersambung
6.2 Menulis
huruf hijaiyah bersambung
|
|
Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna
|
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
8.1 Mencontohkan
perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
|
|
Fiqih
9. Membiasakan shalat secara tertib
|
|
9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
|
|
1.1 Membaca
kalimat dalam Al Qur’an
1.2 Menulis
kalimat dalam Al Qur’an
|
|
Aqidah
2. Mengenal sifat wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah
|
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
3.1 Menampilkan
perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan
perilaku tekun
3.3 Menampilkan
perilaku hemat
|
|
Fiqih
4.
Melaksanakan shalat dengan tertib
|
|
4.1.Menghafal
bacaan shalat
4.2.Menampilkan
keserasian gerakan dan bacaan shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an
|
|
5.1 Membaca huruf Al Qur’an
5.2 Menulis huruf
Al Qur’an
|
|
Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil Allah
|
6.1 Menyebutkan
sifat mustahil Allah SWT
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
7.1 Menampilkan
perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku
penyayang terhadap hewan
7.4 Menampilkan
perilaku penyayang terhadap lingkungan
|
|
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu
|
|
8.1 Menyebutkan
shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat
fardhu
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
1.1 Membaca
QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
|
|
Aqidah
2.
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
|
|
2.1
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan
kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1 Meneladani
perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Fiqih
5.
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
|
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
|
Aqidah
7.
Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
|
7.1 Menjelaskan
pengertian Malaikat
7.2 Menyebutkan
nama-nama Malaikat
7.3 Menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Nabi
|
|
8.1 Menceritakan
kisah Nabi Ibrahim AS
8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2 Meneladani
Nabi Ismail AS
|
|
Fiqih
10.
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
|
10.1
Melakukan dzikir setelah shalat
10.2
Membaca do’a setelah shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
|
1.1 Membaca QS
Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2 Mengartikan
QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
|
Aqidah
2.
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT
2.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3 Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi
Ayyub AS
3.2 Menceritakan
kisah Nabi
Musa AS
3.3 Menceritakan
kisah Nabi
Isa AS
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS
|
|
Fiqih
5.
Mengumandangkan adzan dan iqamah
|
|
5.1 Melafalkan
lafal adzan dan iqamah
5.2 Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek
pilihan
|
|
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan
Al-Fiil
|
|
Aqidah
7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
|
|
7.1 Menyebutkan
nama-nama Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para
Rasul
7.3 Membedakan
Nabi dan Rasul
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
|
8.1 Menceritakan
kisah Khalifah Abubakar RA
8.2 Menceritakan
kisah Umar bin Khattab RA
|
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2 Meneladani
perilaku Umar bin Khattab RA
|
|
Fiqih
10. Mengenal puasa wajib
|
|
10.1 Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2 Menyebutkan hikmah puasa
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat
pendek pilihan
|
|
1.1 Membaca QS Al-Qadr
dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2 Mengartikan
QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
|
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari Akhir
|
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda Hari Akhir
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu
Jahal, dan Musailamah Al Kadzab
|
|
3.1 Menceritakan
perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2 Menceritakan
perilaku Musailamah Al Kadzab
|
|
Akhlak
4. Menghindari perilaku tercela
|
|
4.1 Menghindari
perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2 Menghindari
perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
|
Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan
Ramadhan
|
|
5.1 Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadhan
5.2 Melaksanakan
tadarrus Al-Qur’an
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6.
MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
|
|
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat
13
|
|
Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin
dan kaum Anshar
|
|
8.1 Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
9.2 Meneladani
perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
|
|
Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat
|
|
10.1 Menyebutkan
macam-macam zakat
10.2 Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh
Departemen Agama.
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
I (1) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Menghafal surah pendek
pilihan dalam Alquran
|
1.1 Melafalkan
QS Al Fatihah dengan lancar
|
|
§
Melafalkan Surah Al Fatihah
dengan lancar dan benar
|
|
1.2 Menghafal
QS Al Fatihah dengan lancar
|
|
§
Menghafalkan Surah Al Fatihah
dengan lancar dan benar
§
Mengamalkan Surah Al Fatihah
secara rutin
|
|
|
(Aqidah)
2. Menghafal Rukun Islam
|
2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
|
|
§
Menunjukkan adanya Allah
melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
§
Menunjukkan contoh perilaku
yang baik terhadap ciptaan Allah
|
|
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
|
|
§
Menyebutkan enam Rukun Iman
dengan berurutan dan benar
|
|
|
2.3. Menghafalkan Rukun Iman
|
|
§
Menghafalkan enam Rukun Iman
dengan berurutan dan benar
|
|
|
(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1
Membiasakan perilaku jujur
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
jujur dan keuntu-ngannya.
§
Membiasakan perilaku jujur
|
|
3.2
Membiasakan perilaku tanggung jawab
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
tanggung jawab dan keuntungannya
§
Membiasakan perilaku tanggung
jawab
|
|
|
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
|
|
§
menunjukkan contoh perilaku
tanggung jawab dan keuntungan-nya.
§
Membiasakan perilaku hidup
bersih
|
|
|
3.4 Membiasakan perilaku disiplin
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
disiplin dan keuntungannya
§
Membiasakan perilaku disiplin
|
|
|
(Fiqih)
4. Mengenal tata
cara bersuci taharah
|
4.1 Menjelaskan
pengertian bersuci
|
|
§
Menjelaskan pengertian
bersuci
§
Menyebutkan tata cara bersuci
§
Menunjukkan alat untuk
bersuci
|
|
4.2 Mencontoh
tata cara bersuci
|
|
§
Menghafalkan doa sebelum dan
sesudah keluar masuk kamar kecil
§
Melakukan tata cara bersuci
|
|
|
(Fiqih)
5. Mengenal tata cara
bersuci taharah
|
5.1 Menirukan
ucapan Rukun Islam
|
|
§
Mengucapkan Rukun Islam
§
Menyebutkan Rukun Islam
dengan lancar
|
|
|
5.2 Menghafal
Rukun Islam
|
|
§
Menghafalkan Rukun Islam
dengan lancar
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
I (1) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
6. Menghafal surah-surah pendek pilihan dalam
Alquran
|
6.1
Menghafalkan QS Al Kausar dengan lancar
|
|
§
Melafalkan Surah Al Kausar
§
Menghafalkan surah Al Kausar
dengan lancar dan benar
§
Membiasakan membaca Surah Al
Kausar
|
|
6.2 Menghafal
QS An Nasr dengan lancer
|
|
§
Melafalkan Surah An Nasr
§
Menghafalkan Surah An Nasr
dengan lancar dan benar
§
Membiasakan membaca Surah An
Nasr
|
|
|
6.3. Menghafal
QS Al Asr dengan lancar
|
|
§
Melafalkan Surah An Asr
§
Menghafal Surah Al Asr dengan
lancar
§
Membiasakan membaca Surah Al
Asr
|
|
|
(Aqidah)
7. Mengenal dua kalimat syahadat
|
7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
|
|
§
Melafalkan syahadat tauhid
dan syahadat rasul dengan benar
|
|
7.2 Mengartikan dua kalimat syahadat
|
|
§
Mengartikan dua kalimat
syahadat
|
|
|
7.2 Menghafkan
dua kalimat syahadat
|
|
§
Menghafalkan dua kalimat
syahadat
§
Mengamalkan dua kalimat
syahadat dalam salat
|
|
|
(Akhlak)
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
8.1
Menampilkan perilaku rajin
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
rajin
§
Menampilkan perilaku rajin
§
Menunjukkan keuntungan orang
yang rajin
|
|
8.2
Menampilkan perilaku tolong-menolong
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
tolong-menolong
§
Menampilkan perilaku
tolong-menolong
§
Menyebutkan manfaat
tolong-menolong
|
|
|
|
8.3
Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
hormat terhadap orangtua
§
Menampilkan perilaku hormat
terhadap orangtua
§
Menunjukkan cara menghormati
orangtua
|
|
|
8.4
Menampilkan adab makan dan minum
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
tata cara makan dan minum yang baik
§
Menampilkan adab makan dan
minum
|
|
|
8.5 Menampilkan adab belajar
|
|
§
Menunjukkan cara adab belajar
§
Menampilkan adab belajar
§
Menunjukkan manfaat rajin
belajar
|
|
(Fiqih)
9. Membiasakan bersuci
(taharah)
|
9.1
Menyebutkan tata cara berwudu
|
|
§
Menjelaskan tata cara berwudu
|
|
|
9.2
Mempraktikkan tata cara berwudu
|
|
§
Mempraktikkan tata cara
berwudu dengan benar
§
Membiasakan berwudu dengan
benar
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
II (2) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Menghafal Alquran
|
1.1 Mengenal
huruf Hijaiah
|
|
§
Melafalkan huruf hijaiah
dengan benar
§
Menunjukkan hafal huruf
Hijaiah
|
|
1.2 Mengenal
tanda baca (harakat)
|
|
§
Melafalkan huruf Hijaiah
beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun
|
|
|
(Aqidah)
2. Mengenal Asmaul Husna
|
2.1 Menyebutkan lima
dari Asmaul Husna
|
|
§
Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
§
Hafal lima dari Asmaul Husna
|
|
2.2
Mengartikan lima
dari Asmaul Husna
|
|
§
Mengartikan lima dari Asmaul Husna
§
Hafal lima dari Asmaul Husna
|
|
|
(Akhlak)
3. Mencontoh perilaku terpuji
|
3.1
Menampilkan perilaku rendah hati
|
|
§
Menjelaskan pengertian rendah
hati
§
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku rendah hati
§
Menerapkan perilaku rendah
hati
|
|
3.2
Menampilkan perilaku hidup sederhana
|
|
§
Menjelaskan pengertian hidup
seherhana
§
Menunjukkan contoh hidup
sederhana
§
Menerapkan hidup sederhana
|
|
|
3.3
Menampilkan adab buang air besar dan kecil
|
|
§
Menunjukkan adab buang air
besar dan kecil
§
Menjelaskan tata cara
melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
|
|
|
(Fiqih)
4. Mengenal tata cara
wudu
|
4.1
Membiasakan wudu dengan tertib
|
|
§
Menjelaskan tata cara wudu
yang benar
§
Menyebutkan urutan berwudu
§
Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan
wudu
§
Praktik berwudu dengan benar
|
|
4.2 Membaca doa setelah berwudu
|
|
§
Melafalkan doa setelah
berwudu
§
Praktik berdoa setelah berwudu
|
|
|
(Fiqih)
5. Mengenal Bacaan Salat
|
5.1 Melafalkan
bacaan salat
|
|
§
Melafalkan bacaan salat
dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk
di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)
|
|
5.2
Menghafalkan bacaan salat
|
|
§
Hafal bacaan salat dengan
benar
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
II (2) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
( Al Qur’an )
6. Membaca Al
Qur’an surat pendek pilihan
|
6.1 Membaca
huruf hijaiyah bersambung
|
|
§
Mengenal huruf Hijaiah
Bersambung
§
Membaca huruf Hijaiah
bersambung
§
Memahami bentuk perubahan
huruf Hijaiah secara benar
|
|
6.2 Menulis
huruf hijaiyah bersambung
|
|
§
Memahami cara menulis huruf
Hijaiah bersambung
|
|
|
( Aqidah )
7. Mengenal
Asmaul Husna
|
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
|
|
§
Menyebutkan lima Asmaul Husna
|
|
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
|
§
Mengartikan lima Asmaul Husna
§
Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
§
Praktik menulis huruf Hijaiah
bersambung
|
|
|
( Akhlak )
8. Membiasakan
perilaku terpuji
|
8.1 Mencontohkan perilaku hormat
dan santun kepada guru
|
|
§
Menjelaskan tatacara hormat
kepada orangtua dan guru
§
Menunjukkan contoh cara
menghormati orangtua dan guru
§
Membiasakan sikap hormat dan
santun kepada orangtua dan guru
|
|
8.2 Menampilkan perilaku sopan
dan santun kepada tetangga
|
|
§
Menunjukkan cara berperilaku
sopan dan santun terhadap tetangga
§
Membiasakan perilaku sopan
dan santun terhadap tetangga
|
|
|
( Fiqih )
9. Membiasakan
shalat secara tertib
|
9.1 Mencontoh gerakan shalat
|
|
§
Menunjukkan gerakan salat
dengan tertib
§
Mempraktikkan gerakan salat
dengan benar
|
|
|
9.2 Mempraktekkan shalat
secara tertib
|
|
§
Melaksanakan salat dengan
sempurna
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
III (3) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Mengenal kalimat dalam
Alquran
|
1.1 Membaca
kalimat dalam Alquran
|
|
§
Melafalkan huruf-huruf
Alquran melalui kalimat dengan benar
§
Melafalkan kalimat dalam
Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj
|
|
1.2 Menulis
kalimat dalam Alquran
|
|
§
Menuliskan kalimat Alquran
dengan benar
§
Menuliskan ayat-ayat Alquran
dengan benar
|
|
|
(Aqidah)
2. Mengenal sifat wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan lima
sifat wajib Allah SWT
|
|
§
Menjelaskan pengertian sifat
wajib bagi Allah SWT
§
Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT
|
|
2.2
Mengartikan lima
sifat wajib bagi Allah SWT
|
|
§
Menunjukkan perbedaan sifat
Allah SWT dengan makhluk-Nya
§
Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah
|
|
|
(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1
Menampilkan perilaku percaya diri
|
|
§
Menjelaskan pengertian
perilaku percaya diri
§
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku percaya diri
§
Menyebutkan manfaat percaya
diri
§
Menjelaskan cara-cara
menum-buhkan perilaku percaya diri
|
|
3.2
Menampilkan perilaku tekun
|
|
§
Menjelaskan pengertian
perilaku tekun
§
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku tekun
§
Menyebutkan manfaat perilaku
tekun dalam belajar dan bekerja
|
|
|
3.3 Menampilkan perilaku hemat
|
|
§
Menjelaskan pengertian
perilaku hemat
§
Menunjukkan contoh perilaku hidup hemat
§
Menjelaskan cara-cara hidup
hemat
§
Menyebutkan keuntungan
perilaku hidup hemat
|
|
|
3.4 Membiasakan perilaku disiplin
|
|
§
Menunjukkan contoh perilaku
disiplin dan keuntungannya
§
Membiasakan perilaku disiplin
|
|
|
(Fiqih)
4. Melaksanakan salat dengan tertib
|
4.1 Menghafal
bacaan salat
|
|
§
Melafalkan bacaan salat
dengan benar
§
Menghafalkan bacaan salat
dengan benar
|
|
4.2
Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat
|
|
§
Mempratikkan gerakan salat
§
Mempratikkan keserasian
antara gerakan dan bacaan salat
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
III (3) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
5. Mengenal Ayat-ayat Alquran
|
5.1 Membaca
huruf-huruf Alquran
|
|
§
Melafalkan huruf-huruf
Alquran
§
Melafalkan huruf-huruf
Alquran melalui kata
§
Melafalkan huruf Alquran
melalui kalimat/ayat
|
|
5.2 Menulis
huruf Alquran
|
|
§
Menuliskan huruf-huruf
Alquran
§
Menuliskan huruf-huruf
Alquran melalui kata
§
Menuliskan huruf Alquran
melalui kalimat/ayat
|
|
|
(Aqidah)
6. Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT
|
6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
|
|
§
Menjelaskan pengertian sifat
mustahil bagi Allah SWT
§
Menyebutkan sifat mustahil
bagi Allah SWT
§
Menghafal sifat mustahil bagi
Allah SWT
|
|
6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
|
|
§
Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah
SWT
§
Memahami arti sifat mustahil
bagi Allah SWT
§
Menghafal sifat mustahil bagi
Allah SWT beserta artinya
|
|
|
(Akhlak)
7. Membiasakan perilaku terpuji
|
7.1
Menampilkan perilaku setia kawan
|
|
§
Menjelaskan pengertian
perilaku setia kawan
§
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku setia kawan
§
Menyebutkan manfaat setia
kawan
|
|
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras
|
|
§
Menjelaskan pengertian
perilaku kerja keras
§
Menunjukkan contoh perilaku
kerja keras
§
Menyebutkan manfaat perilaku
kerja keras
|
|
|
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
hewan
|
|
§
Menjelaskan cara menyayangi
hewan dengan benar
§
Menunjukkan manfaat
menyayangi hewan
|
|
|
7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap
lingkungan
|
|
§
Menjelaskan menyayangi cara
menyayangi lingkungan
§
Menunjukkan manfaat
menyayangi lingkungan
|
|
|
(Fiqih)
8.Melakukan salat fardu
|
8.1 Melakukan
salat fardu
|
|
§
Menjelaskan pengertian salat
fardu
§
Menyebutkan nama-nama salat
fardu
§
Menunjukkan waktu pelaksanaan
salat fardu
|
|
|
8.2 Mempraktik- kan
salat fardu
|
|
§
Mempraktik kan salat fardu dengan benar
§
Mengamalkan salat fardu
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
IV (4) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Membaca surah-surah Alquran
|
1.1 Membaca surah Al Fatihah dengan lancer
|
|
§
Melafalkan surah Al Fatihah
dengan harakat dan makhraj yang benar
§
Menerapkan hukum bacaan yang
ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar)
§
Mengartikan surah Al Fatihah
dengan benar
§
Menulis kata dan kalimat
surah Al Fatihah dengan benar
§
Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah
|
|
1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan
lancer
|
|
§
Melafalkan surah Al Ikhlas
dengan harakat dan makhraj yang benar
§
Menerapkan hukum bacaan yang
ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah dan idgam)
§
Mengartikan surah Al ikhlas
dengan benar
§
Menulis kata dan kalimat
surah Al Ikhlas
|
|
|
(Aqidah)
2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT
|
2.1 Menyebutkan sifat
jaiz Allah SWT
|
|
§
Menjelaskan pengertian sifat
jaiz bagi Allah SWT
§
Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT
|
|
2.2 Mengartikan
sifat jaiz Allah SWT
|
|
§
Menunjukkan contoh sifat jaiz
bagi Allah SWT
§
Membedakan sifat jaiz, sifat
wajib dan sifat mustahil Allah SWT
|
|
|
(Akhlak)
3. Menceritakan kisah Nabi
|
3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS
|
|
§
Menjelaskan asal kejadian
Nabi Adam AS
§
Menjelaskan Nabi Adam AS
sebagai manusia dan Nabi yang pertama
§
Menjelaskan kehidupan Nabi
Adam AS ketika di surga
§
Menjelaskan sebab Nabi Adam
AS dikeluarkan dari surga
|
|
3.2
Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
|
§
Menjelaskan peristiwa
kelahiran Nabi Muhammad
§
Menyebutkan nasab/keturu nan
Nabi Muhammad
|
|
|
3.3. Menceritakan perilaku
masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
§
Menjelaskan perilaku Nabi
Muhammad di waktu kanak-kanak
|
|
|
(Fiqih)
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Meneladani
perilaku taubatnya Nabi Adam AS
|
|
§
Meneladani perilaku taubatnya
Nabi Adam AS
|
|
4.2 Meneladani
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
§
Menyebutkan sifat-sifat Nabi
Muhammad
§
Meneladani sifat-sifat Nabi
Muhammad
|
|
|
(Fiqih)
5. Mengenal ketentuan-ketentuan salat
|
5.1
Menyebutkan rukun salat
|
|
§
Menjelaskan pengertian rukun
salat
§
Menunjukkan bacaan salat
dengan benar
|
|
|
5.2
Menyebutkan sunah salat
|
|
§
Menjelaskan pengertian sunah
salat
§
Menyebutkan sunah qauliyah
dan fi’liyah salat
|
|
|
5.3.
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat
|
|
§
Menjelaskan pengertian syarat
sah salat
§
Membedakan antara rukun,
sunah dan syarat sah salat
§
Menyebutkan syarat wajib
salat dan syarat sah salat
|
|
|
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
|
|
§
Menyebutkan hal yang membatalkan
salat
§
Menunjukkan contoh salat yang batal
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
IV (4) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
6. Membaca surah-surah Alquran
|
6.1 Membaca
surah Al Kausar dengan lancer
|
|
§
Melafalkan surah Al Kausar
dan makhraj yang benar
§
Menerapkan hukum bacaan pada
surah Al Kausar
§
Mengartikan surah Al Kausar
§
Menghafal surah Al Kausar
§
Menyalin ayat dan kalimat Al
quran
|
|
6.2 Membaca
surah An Nasr dengan lancer
|
|
§
Menuliskan huruf-huruf
Alquran
§
Menuliskan huruf-huruf
Alquran melalui kata
§
Menuliskan huruf Alquran
melalui kalimat/ayat
|
|
|
(Akhlak)
7. Mengenal malaikat dan tugasnya
|
7.1 Menjelaskan
pengertian malaikat
|
|
§
Menjelaskan pengertian
malaikat
§
Menjelaskan kejadian malaikat
|
|
7.2
Menyebutkan nama-nama malaikat
|
|
§
Menyebutkan jumlah malaikat
§
Menghafal nama-nama malaikat
|
|
|
|
7.3
Menyebutkan tugas-tugas malaikat
|
|
§
Mengetahui tugas-tugas malaikat
§
Menghafal tugas-tugas 10
malaikat
|
|
(Tarikh)
8. Menceritakan kisah
Nabi
|
8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
|
|
§
Menjelaskan kisah Nabai
Ibrahim AS dengan orang tuanya
§
Menjelaskan kisah Nabi
Ibrahim AS dengan raja Namrud
§
Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim
dalam menghadapi ujian
§
Meneladani perilaku sabar dan
keteguhan hati Nabi Ibrahim
|
|
|
8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
|
|
§
Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS
§
Menjelaskan kisah Nabi Ismail
membangun Kakbah bersama ayahnya
|
|
(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku
terpuji
|
9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
|
|
§
Meneladani ketaatan Nabi
Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT
|
|
|
9.2 Meneladani
perilaku Nabi Ismail
AS
|
|
§
Meneladani perilaku ketaatan
Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT
§
Meneladani perilaku sabar dan
taat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
(Fiqih)
10. Melaksanakan zikir
dan doa
|
10.1 Melaksana kan zikir setelah salat
|
|
§
Melafalkan
bacaan zikir setelah salat
§
Menghafal
bacaan zikir setelah salat
§
Mengartikan
bacaan zikir setelah salat
§
Menerapkan
bacaan zikir setiap selesai salat
|
|
|
10.2 Membaca doa setelah salat
|
|
§
Melafalkan
bacaan doa setelah salat
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
V (5) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS
Al Lahab dan Al Kafirun
|
|
§
Membaca Surah al Lahab dan Al
Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
§
Mengulang-ulang membaca Surah
Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
|
|
1.2
Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
|
|
§
Mengartikan Surah Al lahab dan AlKafirun
§
Menunjukkan hafal Surah Al
Lahab dan Al Kafirun
|
|
|
(Aqidah)
2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
|
|
§
Menjelaskan definisi beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT
§
Menyebutkan nama-nama kitab
Allah SWT
|
|
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah
SWT
|
|
§
Menyebutkan nama-nama Rasul
yang menerima kitab-kitab Allah SWT
|
|
|
2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir
|
|
§
Menjelaskan pengertian kitab
suci Alquran
§
Menjelaskan bahwa Alquran
merupakan pedoman umat Islam
|
|
|
(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Nabi
|
3.1
Menceritakan kisah Nabi Ayyub
AS
|
|
§
Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
§
Menyebutkan cobaan-cobaan
yang dialami Nabi Ayyub AS
|
|
3.2
Menceritakan kisah Nabi Musa As
|
|
§
Menceritakan kisah Nabi Musa AS
§
Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS
|
|
|
3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As
|
|
§
Menceritakan kisah Nabi Isa AS
§
Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS
|
|
|
(Akhlak)
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Meneladani
perilaku Nabi Ayyub AS
|
|
§
Menunjukkan sikap meneladani
ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT
|
|
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
|
|
§
Meneladani keteguhan iman
Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
§
Meneladani keberanian Nabi
Musa AS melawan Raja Fir`aun.
|
|
|
4.3
Meneladani perilaku Nabi Isa
AS
|
|
§
Meneladani keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT
§
Meneladani sifat penolong
Nabi Isa As terhadap kaumnya
|
|
|
(Fiqih)
5. Mengumandangkan azan dan iqamah
|
5.1 Melakukan
azan dan iqamah sebelum salat dengan benar
|
|
§
Melafalkan azan dan
iqamah
§
Menunjukkan hafal lafal azan
dan iqamah
§
Mempraktikkan azan dan iqamah
ketika hendak salat
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
V (5) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
|
6.1 Membaca QS
Al Ma`un dan Al Fil
|
|
§
Membaca QS Al Ma`un dan Al
Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar
§
Mengulang-ulang membaca QS Al
Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
|
|
6.2
Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil
|
|
§
Mengartikan Surah Al Ma`un
dan Al Fil
§
Menunjukkan hafal Surah Al
Ma`un dan Al Fil
|
|
|
(Akhlak)
7. Mengenal Rasul-rasul Allah
|
7.1
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
|
|
§
Beriman dan mampu menyebutkan
nama-nama Rsaul Allah SWT
|
|
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari
para Rasul
|
|
§
Menyebutkan nama-nama Rasul
Ulul Azmi
|
|
|
|
7.3 Membedakan Naabi dan Rasul
|
|
§
Membedakan antara Nabi dan
Rasul
|
|
(Tarikh)
8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi
|
8.1
Menceritakan kisah Khlaifah Abu Bakar RA
|
|
§
Menceritakan kisah Khalifah
Abu Bakar RA
|
|
|
8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
|
|
§
Menceritakan kisah Khalifah
Umar bin Khattab
|
|
(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku
terpuji
|
9.1 Meneladani
perilaku Khlaifah Abu Bakar RA
|
|
§
Meneladani kecintaan Abu
Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
§
Meneladani kedermawanan Abu Bakar RA
§
Meneladani kesahajaan Abu
Bakar RA sebagai khalifah
|
|
9.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
|
|
§
Meneladani keberanian Umar
bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam
§
Meneladani jiwa kepemimpinan
Umar bin Khattab RA
|
|
|
(Fiqih)
10. Mengenal puasa wajib
|
10.1
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan
|
|
§
Menejelaskan pengertian puasa
Ramadan
§
Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
|
|
10.2 Menyebutkan himah puasa
|
|
§
Mempraktikkan puasa Senin dan
Kamis
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VI (6) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS
Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
|
§
Membaca Surah Al Qadr
§
Membaca Surah Al ‘Alaq ayat
1-5
|
|
1.2
Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
|
§
Mengartikan Surah Al Qadr
§
Mengartikan Surah Al ‘Alaq
ayat 1-5
§
Menerapkan arti/ isi
kandungan Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5
|
|
|
(Aqidah)
2. Meyakini adanya hari akhir
|
2.1
Menyebutkan nama-nama hari akhir
|
|
§
Menjelaskan pengertian hari
akhir
§
Menyebutkan nama-nama hari
akhir
|
|
2.2 Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
|
|
§
Menjelaskan tanda-tanda hari
akhir
§
Menyebutkan contoh kejadian hari akhir
|
|
|
(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan
Musailamah Al Kazzab
|
3.1
Menceritakan perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab
|
|
§
Menjelaskan kekejaman Abu
Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
§
Menjelaskan kejahatan Abu
Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW
|
|
(Akhlak)
4. Menghindari perilaku tercela
|
4.1
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
|
§
Menjelaskan kedengkian Abu
Lahab dan Abu Jahal
§
Menghindari perilaku dengki
dalam kehidupan sehari-hari
§
Menghindari perilaku bohong
dan sombong dalam kehidupan sehari-hari
|
|
(Fiqih)
5. Mengenal ibadah bulan Ramadan
|
5.1
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan
|
|
§
1.Mempraktikkan/mengamalkan
salat tarawih di bulan Ramadan
|
|
5.2 Melaksanakan tadarus Alquran
|
|
§
Melaksanakan tadarus Alquran
di bulan Ramadan
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
![]() |
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SD/MI, ................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VI (6) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
6. Mengartikan surah pendek pilihan
|
6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
|
§
Melafalkan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan
Surah Al Hujurat ayat 13
§
Membaca sesuai hukum tajwid
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 1
|
|
6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan
Surah Al Hujurat ayat 13
|
|
§
Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah
ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
§
Menerapkan arti/isi kandungan
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
|
|
(Aqidah)
7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar
|
|
§
Menjelaskan pengertian qada’dan
qadar
§
Menyebutkan contoh-contoh
qada’ dan qadar
§
Menyebutkan manfaat setia
kawan
|
|
7.2
Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar
|
|
§
Menyebutkan cara meyakini
adanya qada’ dan qadar
|
|
|
(Tarikh)
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
8.1
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
|
|
§
Menjelaskan kisah perjuangan
kaum Muhajirin
§
Menyebutkan usaha-usaha kaum
Muhajirin
|
|
8.2 Menceritakan perjuangan kaum ansar
|
|
§
Menjelaskan kisah perjuangan
kaum Ansar
§
Menyebutkan usaha-usaha kaum
Ansar
|
|
|
(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku
terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
|
§
Menjelaskan kisah kegigihan
perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
§
Meneladani kegigihan
usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik
|
|
(Fiqih)
10. Mengetahui kewajiban
zakat
|
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat
|
|
§
Menjelaskan pengertian zakat
§
Menyebutkan maca-macam zakat
|
|
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
|
|
§
Menjelaskan pengertian zakat
fitrah
§
Menyebutkan ketentuan zakat
fitrah
§
Melaksanakan zakat fitrah
§
Menyebutkan manfaat zakat
fitrah
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………
(__________________________)
NIP :
|
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar