Rabu, 28 Maret 2012

kumpulan lengkap RPP,PROMES,PROTA PAI_utssemstergnap.






STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD, MI, DAN SDLB


1.   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A.     Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B.  Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar

Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1  Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2  Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
Aqidah

2. Mengenal Rukun Iman
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun Iman
Ahlak

3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Membiasakan perilaku jujur
3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan perilaku disiplin
Fiqih

4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2  Mencontoh tatacara bersuci
5. Mengenal Rukun Islam
5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun Islam
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
6.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
Aqidah
7. Mengenal dua kalimat syahadat

7.1  Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2  Menghafal dua kalimat syahadat
7.3  Mengartikan dua kalimat syahadat
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1  Menampilkan perilaku rajin
8.2  Menampilkan perilaku tolong-menolong
8.3  Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.4  Menampilkan adab makan dan minum
8.5  Menampilkan adab belajar
Fiqih
9. Membiasakan bersuci (thaharah) 

9.1  Menyebutkan tata cara berwudlu
9.2  Mempraktekkan tata cara berwudlu
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an


1.1  Mengenal huruf Hijaiyah
1.2  Mengenal tanda baca (harakat)
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna

2.1  Menyebutkan lima  dari Asmaul Husna
Mengartikan lima  dari Asmaul Husna
Akhlak
3. Mencontoh perilaku terpuji

3.1  Menampilkan perilaku rendah hati
3.2  Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3  Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Fiqih
4. Mengenal tatacara wudhu

4.1  Membiasakan wudhu dengan tertib
4.2  Membaca do’a setelah berwudlu
5. Menghafal bacaan shalat
5.1  Melafalkan bacaan shalat
Menghafal bacaan shalat
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan

6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung
6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung
Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1  Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2  Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Fiqih
9. Membiasakan shalat secara tertib

9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an

1.1  Membaca kalimat dalam Al Qur’an
1.2  Menulis kalimat dalam Al Qur’an
Aqidah
2. Mengenal sifat wajib Allah

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan perilaku tekun     
3.3 Menampilkan perilaku hemat
Fiqih
4.  Melaksanakan shalat dengan tertib

4.1.Menghafal bacaan shalat
4.2.Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an

5.1  Membaca huruf  Al Qur’an
5.2  Menulis huruf Al Qur’an

Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil Allah

6.1  Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
6.2  Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu

8.1 Menyebutkan shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat fardhu
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.  Membaca surat-surat Al Qur’an

1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
Aqidah
2.  Mengenal sifat jaiz   Allah SWT

2.1  Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2  Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Fiqih
5.  Mengenal ketentuan-ketentuan shalat

5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6.  Membaca surat-surat Al Qur’an

6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
Aqidah
7.  Mengenal Malaikat dan tugasnya

7.1  Menjelaskan pengertian Malaikat
7.2  Menyebutkan nama-nama Malaikat
7.3  Menyebutkan tugas-tugas Malaikat

Tarikh
8.  Menceritakan kisah Nabi

8.1  Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
8.2  Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2  Meneladani Nabi Ismail AS
Fiqih
10.  Melaksanakan dzikir dan do’a

10.1         Melakukan dzikir setelah shalat
10.2         Membaca do’a setelah shalat
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan

1.1    Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2    Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
Aqidah
2.  Mengenal kitab-kitab Allah SWT

2.1  Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
2.2  Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3  Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
3.2  Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.3  Menceritakan kisah Nabi Isa AS
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1  Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2  Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS
Fiqih
5.  Mengumandangkan adzan dan iqamah

5.1  Melafalkan lafal adzan dan iqamah
5.2  Mengumandangkan adzan dan iqamah
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan

6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil
Aqidah
7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT

7.1  Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi  dari para Rasul
7.3  Membedakan Nabi dan Rasul
Tarikh
8.  Menceritakan kisah Sahabat Nabi

8.1  Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
8.2  Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA
Akhlak
9.  Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
Fiqih
10. Mengenal puasa wajib

10.1    Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2     Menyebutkan hikmah puasa
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan

1.1  Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2  Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
Aqidah
2. Meyakini adanya  Hari Akhir

2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab

3.1  Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2  Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
Akhlak
4. Menghindari perilaku tercela

4.1  Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2  Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan

5.1  Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
5.2  Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6.  MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan

6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar

7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar

8.1  Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
9.2  Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat

10.1     Menyebutkan macam-macam zakat
10.2     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
v       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

E.   Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : I (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran





1.1 Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar


§     Melafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

1.2 Menghafal QS Al Fatihah dengan lancar

§     Menghafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
§     Mengamalkan Surah Al Fatihah secara rutin

(Aqidah)
2. Menghafal Rukun Islam




2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya


§     Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
§     Menunjukkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman

§     Menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar

2.3. Menghafalkan Rukun Iman


§     Menghafalkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar

(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji


3.1 Membiasakan perilaku jujur


§     Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntu-ngannya.
§     Membiasakan perilaku jujur

3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab

§     Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku tanggung jawab

3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih


§     menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungan-nya.
§     Membiasakan perilaku hidup bersih

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

§     Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku disiplin

(Fiqih)
4.  Mengenal tata cara bersuci taharah





4.1 Menjelaskan pengertian bersuci


§     Menjelaskan pengertian bersuci
§     Menyebutkan tata cara bersuci
§     Menunjukkan alat untuk bersuci

4.2 Mencontoh tata cara bersuci

§     Menghafalkan doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil
§     Melakukan tata cara bersuci

(Fiqih)
5.      Mengenal tata cara bersuci taharah



5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam



§     Mengucapkan Rukun Islam
§     Menyebutkan Rukun Islam dengan lancar


5.2 Menghafal Rukun Islam

§     Menghafalkan Rukun Islam dengan lancar

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : I (1) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Menghafal surah-surah pendek pilihan dalam Alquran





6.1 Menghafalkan QS Al Kausar dengan lancar


§     Melafalkan Surah Al Kausar
§     Menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
§     Membiasakan membaca Surah Al Kausar

6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancer


§     Melafalkan Surah An Nasr
§     Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar
§     Membiasakan membaca Surah An Nasr

6.3. Menghafal QS Al Asr dengan lancar

§     Melafalkan Surah An Asr
§     Menghafal Surah Al Asr dengan lancar
§     Membiasakan membaca Surah Al Asr


(Aqidah)
7. Mengenal dua kalimat syahadat



7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul


§     Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar

7.2 Mengartikan dua kalimat syahadat

§     Mengartikan dua kalimat syahadat

7.2 Menghafkan dua kalimat syahadat

§     Menghafalkan dua kalimat syahadat
§     Mengamalkan dua kalimat syahadat dalam salat

(Akhlak)
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1 Menampilkan perilaku rajin


§     Menunjukkan contoh perilaku rajin
§     Menampilkan perilaku rajin
§     Menunjukkan keuntungan orang yang rajin

8.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong

§     Menunjukkan contoh perilaku tolong-menolong
§     Menampilkan perilaku tolong-menolong
§     Menyebutkan manfaat tolong-menolong


8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua

§     Menunjukkan contoh perilaku hormat terhadap orangtua
§     Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua
§     Menunjukkan cara menghormati orangtua


8.4 Menampilkan adab makan dan minum

§     Menunjukkan contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik
§     Menampilkan adab makan dan minum


       8.5 Menampilkan adab belajar

§     Menunjukkan cara adab belajar
§     Menampilkan adab belajar
§     Menunjukkan manfaat rajin belajar

(Fiqih)
9. Membiasakan bersuci (taharah)

9.1 Menyebutkan tata cara berwudu


§     Menjelaskan tata cara berwudu


9.2 Mempraktikkan tata cara berwudu

§     Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
§     Membiasakan berwudu dengan benar

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : II (2) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menghafal Alquran




1.1 Mengenal huruf Hijaiah


§     Melafalkan huruf hijaiah dengan benar
§     Menunjukkan hafal huruf Hijaiah

1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

§     Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun

(Aqidah)
2. Mengenal Asmaul Husna


2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna


§     Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
§     Hafal lima dari Asmaul Husna

2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna


§     Mengartikan lima dari Asmaul Husna
§     Hafal lima dari Asmaul Husna

(Akhlak)
3. Mencontoh perilaku terpuji






3.1 Menampilkan perilaku rendah hati


§     Menjelaskan pengertian rendah hati
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati
§     Menerapkan perilaku rendah hati

3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana


§     Menjelaskan pengertian hidup seherhana
§     Menunjukkan contoh hidup sederhana
§     Menerapkan hidup sederhana

3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil


§     Menunjukkan adab buang air besar dan kecil
§     Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar

(Fiqih)
4. Mengenal tata cara wudu






4.1 Membiasakan wudu dengan tertib


§     Menjelaskan tata cara wudu yang benar
§     Menyebutkan urutan berwudu
§     Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
§     Praktik berwudu dengan benar

       4.2 Membaca doa setelah berwudu

§     Melafalkan doa setelah berwudu
§      Praktik berdoa setelah berwudu

(Fiqih)
5. Mengenal Bacaan Salat

5.1 Melafalkan bacaan salat


§     Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

5.2 Menghafalkan bacaan salat

§     Hafal bacaan salat dengan benar

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :








PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : II  (2) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
( Al Qur’an )
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan

6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung


§     Mengenal huruf Hijaiah Bersambung
§     Membaca huruf Hijaiah bersambung
§     Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung

§     Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

( Aqidah )
7. Mengenal Asmaul Husna
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

§     Menyebutkan lima Asmaul Husna

7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

§     Mengartikan lima Asmaul Husna
§     Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
§     Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung


( Akhlak )
8. Membiasakan perilaku terpuji








8.1  Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru


§     Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru
§     Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
§     Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

8.2  Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga

§     Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
§     Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

( Fiqih )
9. Membiasakan shalat secara tertib
9.1 Mencontoh gerakan shalat

§     Menunjukkan gerakan salat dengan tertib
§     Mempraktikkan gerakan salat dengan benar


9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib

§     Melaksanakan salat dengan sempurna

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : III  (3) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengenal kalimat dalam Alquran





1.1 Membaca kalimat dalam Alquran


§     Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
§     Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj

1.2 Menulis kalimat dalam Alquran

§     Menuliskan kalimat Alquran dengan benar
§     Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar

(Aqidah)
2. Mengenal sifat wajib Allah



2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT
§     Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT

2.2 Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT


§     Menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya
§     Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah


(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji




3.1 Menampilkan perilaku percaya diri



§     Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
§     Menyebutkan manfaat percaya diri
§     Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri


3.2 Menampilkan perilaku tekun


§     Menjelaskan pengertian perilaku tekun
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun
§     Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar dan bekerja

3.3 Menampilkan perilaku hemat

§     Menjelaskan pengertian perilaku hemat
§     Menunjukkan contoh  perilaku hidup hemat
§     Menjelaskan cara-cara hidup hemat
§     Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

§     Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku disiplin

(Fiqih)
4. Melaksanakan salat dengan tertib



4.1 Menghafal bacaan salat

§     Melafalkan bacaan salat dengan benar
§     Menghafalkan bacaan salat dengan benar

4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat


§     Mempratikkan gerakan salat
§     Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : III  (3) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
5. Mengenal Ayat-ayat Alquran




5.1 Membaca huruf-huruf Alquran



§     Melafalkan huruf-huruf Alquran
§     Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

5.2 Menulis huruf Alquran

§     Menuliskan huruf-huruf Alquran
§     Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

(Aqidah)
6. Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT












6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT

6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

§      Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Memahami arti sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya

(Akhlak)
7. Membiasakan perilaku terpuji

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan


§     Menjelaskan pengertian perilaku setia kawan
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan
§     Menyebutkan manfaat setia kawan

7.2 Menampilkan perilaku kerja keras


§     Menjelaskan pengertian perilaku kerja keras
§     Menunjukkan contoh perilaku kerja keras
§     Menyebutkan manfaat perilaku kerja keras

7.3   Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan


§     Menjelaskan cara menyayangi hewan dengan benar
§     Menunjukkan manfaat menyayangi hewan

7.4  Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan


§     Menjelaskan menyayangi cara menyayangi lingkungan
§     Menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan

(Fiqih)
8.Melakukan salat fardu





8.1 Melakukan salat fardu



§     Menjelaskan pengertian salat fardu
§     Menyebutkan nama-nama salat fardu
§     Menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu


8.2   Mempraktik- kan  salat fardu


§     Mempraktik kan salat fardu dengan benar
§     Mengamalkan salat fardu

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IV  (4) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Membaca surah-surah Alquran




1.1  Membaca surah Al Fatihah dengan lancer



§     Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar)
§     Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
§     Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
§      Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah

1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan lancer


§     Melafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah dan idgam)
§     Mengartikan surah Al ikhlas dengan benar
§     Menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas

(Aqidah)
2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT


2.1    Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
§      Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT

2.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT


§     Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
§     Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT


(Akhlak)
3. Menceritakan kisah Nabi












3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS


§     Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
§     Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
§     Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
§     Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga


3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW


§     Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad
§     Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad

3.3. Menceritakan perilaku  masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

§     Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak

(Fiqih)
4. Membiasakan perilaku terpuji



4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS


§     Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS

4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

§     Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad
§     Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad

(Fiqih)
5. Mengenal ketentuan-ketentuan salat


5.1 Menyebutkan rukun salat


§     Menjelaskan pengertian rukun salat
§     Menunjukkan bacaan salat dengan benar


5.2 Menyebutkan sunah salat


§     Menjelaskan pengertian sunah salat
§     Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah salat


5.3. Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat


§     Menjelaskan pengertian syarat sah salat
§     Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
§     Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat


5.4  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat


§     Menyebutkan hal yang membatalkan salat
§      Menunjukkan contoh salat yang batal

Jumlah


Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IV  (4) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Membaca surah-surah Alquran



6.1 Membaca surah Al Kausar dengan lancer




§     Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Kausar
§     Mengartikan surah Al Kausar
§     Menghafal surah Al Kausar
§     Menyalin ayat dan kalimat Al quran

6.2 Membaca surah An Nasr dengan lancer


§     Menuliskan huruf-huruf Alquran
§     Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

(Akhlak)
7. Mengenal malaikat dan tugasnya

7.1 Menjelaskan pengertian malaikat


§     Menjelaskan pengertian malaikat
§     Menjelaskan kejadian malaikat

7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat


§     Menyebutkan jumlah malaikat
§     Menghafal nama-nama malaikat


7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat


§     Mengetahui tugas-tugas malaikat
§     Menghafal tugas-tugas 10 malaikat

(Tarikh)
8. Menceritakan kisah Nabi

8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS




§     Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya
§     Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud
§     Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
§     Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim


8.2   Menceritakan kisah Nabi Ismail  AS


§     Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS
§     Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS



§     Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT


9.2  Meneladani  perilaku Nabi Ismail AS

§     Meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT
§     Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari


(Fiqih)
10. Melaksanakan zikir dan doa

10.1   Melaksana kan zikir setelah salat



§     Melafalkan bacaan zikir setelah salat
§     Menghafal bacaan zikir setelah salat
§     Mengartikan bacaan zikir setelah salat
§     Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat


10.2  Membaca doa setelah salat


§     Melafalkan bacaan doa setelah salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : V  (5) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan



1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun


§     Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun

§     Mengartikan  Surah Al lahab dan AlKafirun
§     Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

(Aqidah)
2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT

















2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


§     Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
§     Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

§     Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT


2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir

§     Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran
§     Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam

(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS


§     Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
§     Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS


3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa As


§     Menceritakan kisah Nabi Musa AS
§     Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS

3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As

§     Menceritakan kisah Nabi Isa AS
§     Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS

(Akhlak)
4. Membiasakan perilaku terpuji








4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS


§     Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT

4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS


§     Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
§     Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun.

4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

§     Meneladani keteguhan  iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT
§     Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya

(Fiqih)
5. Mengumandangkan azan dan iqamah
5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat dengan benar



§     Melafalkan azan dan iqamah 
§     Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah
§     Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : V  (5) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan


6.1 Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil


§     Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar
§     Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar

6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil

§     Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil
§     Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil

(Akhlak)
7. Mengenal Rasul-rasul Allah

7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT


§     Beriman dan mampu menyebutkan nama-nama Rsaul Allah SWT

7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul

§     Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi


7.3  Membedakan Naabi dan Rasul

§     Membedakan antara Nabi dan Rasul

(Tarikh)
8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi

8.1 Menceritakan kisah Khlaifah Abu Bakar RA




§     Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA


8.2   Menceritakan kisah Khalifah  Umar bin Khattab RA

§     Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku Khlaifah Abu Bakar  RA


§     Meneladani kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
§     Meneladani kedermawanan  Abu Bakar RA
§     Meneladani kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah

9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA


§     Meneladani keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam
§     Meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA

(Fiqih)
10. Mengenal puasa wajib





10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan


§     Menejelaskan pengertian puasa Ramadan
§     Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

10.2  Menyebutkan himah puasa


§     Mempraktikkan puasa Senin dan Kamis

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VI  (6) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan



1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5


§     Membaca Surah Al Qadr
§     Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5

1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5


§     Mengartikan Surah Al Qadr
§     Mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
§     Menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5

(Aqidah)
2. Meyakini adanya hari akhir

2.1 Menyebutkan nama-nama hari akhir


§     Menjelaskan pengertian hari akhir
§     Menyebutkan nama-nama hari akhir

2.2  Menjelaskan tanda-tanda hari akhir


§     Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
§     Menyebutkan contoh  kejadian hari akhir


(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab

3.1 Menceritakan perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab


§     Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
§     Menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW


(Akhlak)
4. Menghindari perilaku tercela


4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal


§     Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
§     Menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
§     Menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari

(Fiqih)
5. Mengenal ibadah bulan Ramadan

5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan


§     1.Mempraktikkan/mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan

5.2  Melaksanakan tadarus Alquran

§     Melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VI  (6) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Mengartikan surah pendek pilihan


6.1  Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13




§     Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
§     Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 1

6.2  Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

§      Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
§     Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

(Aqidah)
7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar




7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar


§     Menjelaskan pengertian qada’dan qadar
§     Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar
§     Menyebutkan manfaat setia kawan

7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar

§     Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar

(Tarikh)
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar

8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin




§     Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin
§     Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin

8.2   Menceritakan perjuangan kaum ansar


§     Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar
§     Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik


§     Menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
§     Meneladani kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik

(Fiqih)
10. Mengetahui kewajiban zakat

10.1 Menyebutkan macam-macam zakat


§     Menjelaskan pengertian zakat
§     Menyebutkan maca-macam zakat

10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah


§     Menjelaskan pengertian zakat fitrah
§     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
§     Melaksanakan zakat fitrah
§     Menyebutkan manfaat zakat fitrah

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :















                                                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar