Rabu, 28 Maret 2012

masih rpppaiuts gnp






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : I (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran





1.1 Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar


§     Melafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

1.2 Menghafal QS Al Fatihah dengan lancar

§     Menghafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
§     Mengamalkan Surah Al Fatihah secara rutin

(Aqidah)
2. Menghafal Rukun Islam




2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya


§     Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
§     Menunjukkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman

§     Menyebutkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar

2.3. Menghafalkan Rukun Iman


§     Menghafalkan enam Rukun Iman dengan berurutan dan benar

(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji


3.1 Membiasakan perilaku jujur


§     Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntu-ngannya.
§     Membiasakan perilaku jujur

3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab

§     Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku tanggung jawab

3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih


§     menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungan-nya.
§     Membiasakan perilaku hidup bersih

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

§     Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku disiplin

(Fiqih)
4.  Mengenal tata cara bersuci taharah





4.1 Menjelaskan pengertian bersuci


§     Menjelaskan pengertian bersuci
§     Menyebutkan tata cara bersuci
§     Menunjukkan alat untuk bersuci

4.2 Mencontoh tata cara bersuci

§     Menghafalkan doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil
§     Melakukan tata cara bersuci

(Fiqih)
5.      Mengenal tata cara bersuci taharah



5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam



§     Mengucapkan Rukun Islam
§     Menyebutkan Rukun Islam dengan lancar


5.2 Menghafal Rukun Islam

§     Menghafalkan Rukun Islam dengan lancar

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : I (1) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Menghafal surah-surah pendek pilihan dalam Alquran





6.1 Menghafalkan QS Al Kausar dengan lancar


§     Melafalkan Surah Al Kausar
§     Menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
§     Membiasakan membaca Surah Al Kausar

6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancer


§     Melafalkan Surah An Nasr
§     Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar
§     Membiasakan membaca Surah An Nasr

6.3. Menghafal QS Al Asr dengan lancar

§     Melafalkan Surah An Asr
§     Menghafal Surah Al Asr dengan lancar
§     Membiasakan membaca Surah Al Asr


(Aqidah)
7. Mengenal dua kalimat syahadat



7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul


§     Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar

7.2 Mengartikan dua kalimat syahadat

§     Mengartikan dua kalimat syahadat

7.2 Menghafkan dua kalimat syahadat

§     Menghafalkan dua kalimat syahadat
§     Mengamalkan dua kalimat syahadat dalam salat

(Akhlak)
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1 Menampilkan perilaku rajin


§     Menunjukkan contoh perilaku rajin
§     Menampilkan perilaku rajin
§     Menunjukkan keuntungan orang yang rajin

8.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong

§     Menunjukkan contoh perilaku tolong-menolong
§     Menampilkan perilaku tolong-menolong
§     Menyebutkan manfaat tolong-menolong


8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua

§     Menunjukkan contoh perilaku hormat terhadap orangtua
§     Menampilkan perilaku hormat terhadap orangtua
§     Menunjukkan cara menghormati orangtua


8.4 Menampilkan adab makan dan minum

§     Menunjukkan contoh perilaku tata cara makan dan minum yang baik
§     Menampilkan adab makan dan minum


       8.5 Menampilkan adab belajar

§     Menunjukkan cara adab belajar
§     Menampilkan adab belajar
§     Menunjukkan manfaat rajin belajar

(Fiqih)
9. Membiasakan bersuci (taharah)

9.1 Menyebutkan tata cara berwudu


§     Menjelaskan tata cara berwudu


9.2 Mempraktikkan tata cara berwudu

§     Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
§     Membiasakan berwudu dengan benar

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : II (2) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menghafal Alquran




1.1 Mengenal huruf Hijaiah


§     Melafalkan huruf hijaiah dengan benar
§     Menunjukkan hafal huruf Hijaiah

1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

§     Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun

(Aqidah)
2. Mengenal Asmaul Husna


2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna


§     Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
§     Hafal lima dari Asmaul Husna

2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna


§     Mengartikan lima dari Asmaul Husna
§     Hafal lima dari Asmaul Husna

(Akhlak)
3. Mencontoh perilaku terpuji






3.1 Menampilkan perilaku rendah hati


§     Menjelaskan pengertian rendah hati
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati
§     Menerapkan perilaku rendah hati

3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana


§     Menjelaskan pengertian hidup seherhana
§     Menunjukkan contoh hidup sederhana
§     Menerapkan hidup sederhana

3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil


§     Menunjukkan adab buang air besar dan kecil
§     Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar

(Fiqih)
4. Mengenal tata cara wudu






4.1 Membiasakan wudu dengan tertib


§     Menjelaskan tata cara wudu yang benar
§     Menyebutkan urutan berwudu
§     Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
§     Praktik berwudu dengan benar

       4.2 Membaca doa setelah berwudu

§     Melafalkan doa setelah berwudu
§      Praktik berdoa setelah berwudu

(Fiqih)
5. Mengenal Bacaan Salat

5.1 Melafalkan bacaan salat


§     Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

5.2 Menghafalkan bacaan salat

§     Hafal bacaan salat dengan benar

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :








PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : II  (2) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
( Al Qur’an )
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan

6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung


§     Mengenal huruf Hijaiah Bersambung
§     Membaca huruf Hijaiah bersambung
§     Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung

§     Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

( Aqidah )
7. Mengenal Asmaul Husna
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

§     Menyebutkan lima Asmaul Husna

7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

§     Mengartikan lima Asmaul Husna
§     Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
§     Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung


( Akhlak )
8. Membiasakan perilaku terpuji








8.1  Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru


§     Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru
§     Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
§     Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

8.2  Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga

§     Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
§     Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

( Fiqih )
9. Membiasakan shalat secara tertib
9.1 Mencontoh gerakan shalat

§     Menunjukkan gerakan salat dengan tertib
§     Mempraktikkan gerakan salat dengan benar


9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib

§     Melaksanakan salat dengan sempurna

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : III  (3) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengenal kalimat dalam Alquran





1.1 Membaca kalimat dalam Alquran


§     Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
§     Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj

1.2 Menulis kalimat dalam Alquran

§     Menuliskan kalimat Alquran dengan benar
§     Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar

(Aqidah)
2. Mengenal sifat wajib Allah



2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah SWT
§     Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah SWT

2.2 Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT


§     Menunjukkan perbedaan sifat Allah SWT dengan makhluk-Nya
§     Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah


(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji




3.1 Menampilkan perilaku percaya diri



§     Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
§     Menyebutkan manfaat percaya diri
§     Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri


3.2 Menampilkan perilaku tekun


§     Menjelaskan pengertian perilaku tekun
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku tekun
§     Menyebutkan manfaat perilaku tekun dalam belajar dan bekerja

3.3 Menampilkan perilaku hemat

§     Menjelaskan pengertian perilaku hemat
§     Menunjukkan contoh  perilaku hidup hemat
§     Menjelaskan cara-cara hidup hemat
§     Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

§     Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
§     Membiasakan perilaku disiplin

(Fiqih)
4. Melaksanakan salat dengan tertib



4.1 Menghafal bacaan salat

§     Melafalkan bacaan salat dengan benar
§     Menghafalkan bacaan salat dengan benar

4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat


§     Mempratikkan gerakan salat
§     Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : III  (3) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
5. Mengenal Ayat-ayat Alquran




5.1 Membaca huruf-huruf Alquran



§     Melafalkan huruf-huruf Alquran
§     Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

5.2 Menulis huruf Alquran

§     Menuliskan huruf-huruf Alquran
§     Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

(Aqidah)
6. Mengenal Sifat Mustahil Allah SWT












6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT

6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

§      Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Memahami arti sifat mustahil bagi Allah SWT
§     Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya

(Akhlak)
7. Membiasakan perilaku terpuji

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan


§     Menjelaskan pengertian perilaku setia kawan
§     Menunjukkan contoh-contoh perilaku setia kawan
§     Menyebutkan manfaat setia kawan

7.2 Menampilkan perilaku kerja keras


§     Menjelaskan pengertian perilaku kerja keras
§     Menunjukkan contoh perilaku kerja keras
§     Menyebutkan manfaat perilaku kerja keras

7.3   Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan


§     Menjelaskan cara menyayangi hewan dengan benar
§     Menunjukkan manfaat menyayangi hewan

7.4  Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan


§     Menjelaskan menyayangi cara menyayangi lingkungan
§     Menunjukkan manfaat menyayangi lingkungan

(Fiqih)
8.Melakukan salat fardu





8.1 Melakukan salat fardu



§     Menjelaskan pengertian salat fardu
§     Menyebutkan nama-nama salat fardu
§     Menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu


8.2   Mempraktik- kan  salat fardu


§     Mempraktik kan salat fardu dengan benar
§     Mengamalkan salat fardu

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IV  (4) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Membaca surah-surah Alquran




1.1  Membaca surah Al Fatihah dengan lancer



§     Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar)
§     Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
§     Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
§      Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah

1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan lancer


§     Melafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah dan idgam)
§     Mengartikan surah Al ikhlas dengan benar
§     Menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas

(Aqidah)
2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT


2.1    Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT


§     Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
§      Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT

2.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT


§     Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
§     Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT


(Akhlak)
3. Menceritakan kisah Nabi












3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS


§     Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
§     Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
§     Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
§     Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga


3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW


§     Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad
§     Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad

3.3. Menceritakan perilaku  masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

§     Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak

(Fiqih)
4. Membiasakan perilaku terpuji



4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS


§     Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS

4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

§     Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad
§     Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad

(Fiqih)
5. Mengenal ketentuan-ketentuan salat


5.1 Menyebutkan rukun salat


§     Menjelaskan pengertian rukun salat
§     Menunjukkan bacaan salat dengan benar


5.2 Menyebutkan sunah salat


§     Menjelaskan pengertian sunah salat
§     Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah salat


5.3. Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat


§     Menjelaskan pengertian syarat sah salat
§     Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
§     Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat


5.4  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat


§     Menyebutkan hal yang membatalkan salat
§      Menunjukkan contoh salat yang batal

Jumlah


Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IV  (4) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Membaca surah-surah Alquran



6.1 Membaca surah Al Kausar dengan lancer




§     Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj yang benar
§     Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Kausar
§     Mengartikan surah Al Kausar
§     Menghafal surah Al Kausar
§     Menyalin ayat dan kalimat Al quran

6.2 Membaca surah An Nasr dengan lancer


§     Menuliskan huruf-huruf Alquran
§     Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata
§     Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat

(Akhlak)
7. Mengenal malaikat dan tugasnya

7.1 Menjelaskan pengertian malaikat


§     Menjelaskan pengertian malaikat
§     Menjelaskan kejadian malaikat

7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat


§     Menyebutkan jumlah malaikat
§     Menghafal nama-nama malaikat


7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat


§     Mengetahui tugas-tugas malaikat
§     Menghafal tugas-tugas 10 malaikat

(Tarikh)
8. Menceritakan kisah Nabi

8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS




§     Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya
§     Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud
§     Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
§     Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim


8.2   Menceritakan kisah Nabi Ismail  AS


§     Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS
§     Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS



§     Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT


9.2  Meneladani  perilaku Nabi Ismail AS

§     Meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT
§     Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari


(Fiqih)
10. Melaksanakan zikir dan doa

10.1   Melaksana kan zikir setelah salat



§     Melafalkan bacaan zikir setelah salat
§     Menghafal bacaan zikir setelah salat
§     Mengartikan bacaan zikir setelah salat
§     Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat


10.2  Membaca doa setelah salat


§     Melafalkan bacaan doa setelah salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : V  (5) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan



1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun


§     Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
§     Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun

§     Mengartikan  Surah Al lahab dan AlKafirun
§     Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

(Aqidah)
2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT

















2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


§     Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
§     Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

§     Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT


2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir

§     Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran
§     Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam

(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS


§     Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
§     Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS


3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa As


§     Menceritakan kisah Nabi Musa AS
§     Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS

3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As

§     Menceritakan kisah Nabi Isa AS
§     Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS

(Akhlak)
4. Membiasakan perilaku terpuji








4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS


§     Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT

4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS


§     Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
§     Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun.

4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

§     Meneladani keteguhan  iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT
§     Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya

(Fiqih)
5. Mengumandangkan azan dan iqamah
5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat dengan benar



§     Melafalkan azan dan iqamah 
§     Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah
§     Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : V  (5) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan


6.1 Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil


§     Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar
§     Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar

6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil

§     Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil
§     Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil

(Akhlak)
7. Mengenal Rasul-rasul Allah

7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT


§     Beriman dan mampu menyebutkan nama-nama Rsaul Allah SWT

7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul

§     Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi


7.3  Membedakan Naabi dan Rasul

§     Membedakan antara Nabi dan Rasul

(Tarikh)
8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi

8.1 Menceritakan kisah Khlaifah Abu Bakar RA




§     Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA


8.2   Menceritakan kisah Khalifah  Umar bin Khattab RA

§     Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku Khlaifah Abu Bakar  RA


§     Meneladani kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW
§     Meneladani kedermawanan  Abu Bakar RA
§     Meneladani kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah

9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA


§     Meneladani keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam
§     Meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA

(Fiqih)
10. Mengenal puasa wajib





10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan


§     Menejelaskan pengertian puasa Ramadan
§     Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah

10.2  Menyebutkan himah puasa


§     Mempraktikkan puasa Senin dan Kamis

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VI  (6) / 1
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan



1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5


§     Membaca Surah Al Qadr
§     Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5

1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5


§     Mengartikan Surah Al Qadr
§     Mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
§     Menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5

(Aqidah)
2. Meyakini adanya hari akhir

2.1 Menyebutkan nama-nama hari akhir


§     Menjelaskan pengertian hari akhir
§     Menyebutkan nama-nama hari akhir

2.2  Menjelaskan tanda-tanda hari akhir


§     Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
§     Menyebutkan contoh  kejadian hari akhir


(Tarikh)
3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab

3.1 Menceritakan perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab


§     Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
§     Menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW


(Akhlak)
4. Menghindari perilaku tercela


4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal


§     Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
§     Menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
§     Menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari

(Fiqih)
5. Mengenal ibadah bulan Ramadan

5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan


§     1.Mempraktikkan/mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan

5.2  Melaksanakan tadarus Alquran

§     Melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SD/MI, ................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VI  (6) / 2
Tahun Pelajaran             : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
6. Mengartikan surah pendek pilihan


6.1  Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13




§     Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
§     Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 1

6.2  Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

§      Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
§     Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

(Aqidah)
7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar




7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar


§     Menjelaskan pengertian qada’dan qadar
§     Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar
§     Menyebutkan manfaat setia kawan

7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar

§     Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar

(Tarikh)
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar

8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin




§     Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin
§     Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin

8.2   Menceritakan perjuangan kaum ansar


§     Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar
§     Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar

(Akhlak)
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik


§     Menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
§     Meneladani kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik

(Fiqih)
10. Mengetahui kewajiban zakat

10.1 Menyebutkan macam-macam zakat


§     Menjelaskan pengertian zakat
§     Menyebutkan maca-macam zakat

10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah


§     Menjelaskan pengertian zakat fitrah
§     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
§     Melaksanakan zakat fitrah
§     Menyebutkan manfaat zakat fitrah

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SD/MI …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :















                                                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar