![]() |
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SD, MI, DAN SDLB
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting
dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan
suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa
pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai
agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh
melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun
masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan
potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan
Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan
penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam
kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi
spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi
yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia
yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif
membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI
bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia
Indonesia yang taat beragama dan
berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan
manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
1. Menghafal Al Qur’an surat pendek
pilihan
|
1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
Aqidah
|
|
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT
melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan
enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun
Iman
|
Ahlak
|
|
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Membiasakan perilaku
jujur
3.2 Membiasakan
perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan
perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin
|
Fiqih
|
|
4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
|
4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
|
5. Mengenal Rukun Islam
|
5.1 Menirukan
ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun
Islam
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
6. Menghafal Al Qur’an surat-surat
pendek pilihan
|
6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Menghafal QS
Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7. Mengenal dua kalimat syahadat
|
7.1 Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2 Menghafal
dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
8.1 Menampilkan
perilaku rajin
8.2 Menampilkan
perilaku tolong-menolong
8.3 Menampilkan
perilaku hormat terhadap orang tua
8.4 Menampilkan
adab makan dan minum
8.5 Menampilkan
adab belajar
|
Fiqih
9. Membiasakan bersuci (thaharah)
|
9.1 Menyebutkan
tata cara berwudlu
9.2 Mempraktekkan
tata cara berwudlu
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an
|
1.1 Mengenal
huruf Hijaiyah
1.2 Mengenal
tanda baca (harakat)
|
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna
|
2.1 Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
Mengartikan lima dari
Asmaul Husna
|
Akhlak
3. Mencontoh perilaku terpuji
|
|
3.1 Menampilkan
perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan
perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan
adab buang air besar dan kecil
|
|
Fiqih
4. Mengenal tatacara wudhu
|
|
4.1 Membiasakan
wudhu dengan tertib
4.2 Membaca
do’a setelah berwudlu
|
|
5. Menghafal bacaan shalat
|
5.1 Melafalkan
bacaan shalat
Menghafal bacaan shalat
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat pendek
pilihan
|
|
6.1 Membaca
huruf hijaiyah bersambung
6.2 Menulis
huruf hijaiyah bersambung
|
|
Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna
|
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
8.1 Mencontohkan
perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
|
|
Fiqih
9. Membiasakan shalat secara tertib
|
|
9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
|
|
1.1 Membaca
kalimat dalam Al Qur’an
1.2 Menulis
kalimat dalam Al Qur’an
|
|
Aqidah
2. Mengenal sifat wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah
|
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
3.1 Menampilkan
perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan
perilaku tekun
3.3 Menampilkan
perilaku hemat
|
|
Fiqih
4.
Melaksanakan shalat dengan tertib
|
|
4.1.Menghafal
bacaan shalat
4.2.Menampilkan
keserasian gerakan dan bacaan shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an
|
|
5.1 Membaca huruf Al Qur’an
5.2 Menulis huruf
Al Qur’an
|
|
Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil Allah
|
6.1 Menyebutkan
sifat mustahil Allah SWT
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
7.1 Menampilkan
perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku
penyayang terhadap hewan
7.4 Menampilkan
perilaku penyayang terhadap lingkungan
|
|
Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu
|
|
8.1 Menyebutkan
shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat
fardhu
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
1.1 Membaca
QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
|
|
Aqidah
2.
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
|
|
2.1
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan
kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1 Meneladani
perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani
perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Fiqih
5.
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
|
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
|
Aqidah
7.
Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
|
7.1 Menjelaskan
pengertian Malaikat
7.2 Menyebutkan
nama-nama Malaikat
7.3 Menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Nabi
|
|
8.1 Menceritakan
kisah Nabi Ibrahim AS
8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2 Meneladani
Nabi Ismail AS
|
|
Fiqih
10.
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
|
10.1
Melakukan dzikir setelah shalat
10.2
Membaca do’a setelah shalat
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
|
1.1 Membaca QS
Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2 Mengartikan
QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
|
Aqidah
2.
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT
2.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3 Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi
Ayyub AS
3.2 Menceritakan
kisah Nabi
Musa AS
3.3 Menceritakan
kisah Nabi
Isa AS
|
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS
|
|
Fiqih
5.
Mengumandangkan adzan dan iqamah
|
|
5.1 Melafalkan
lafal adzan dan iqamah
5.2 Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek
pilihan
|
|
6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan
Al-Fiil
|
|
Aqidah
7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
|
|
7.1 Menyebutkan
nama-nama Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para
Rasul
7.3 Membedakan
Nabi dan Rasul
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
|
8.1 Menceritakan
kisah Khalifah Abubakar RA
8.2 Menceritakan
kisah Umar bin Khattab RA
|
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2 Meneladani
perilaku Umar bin Khattab RA
|
|
Fiqih
10. Mengenal puasa wajib
|
|
10.1 Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2 Menyebutkan hikmah puasa
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat
pendek pilihan
|
|
1.1 Membaca QS Al-Qadr
dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2 Mengartikan
QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
|
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari Akhir
|
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda Hari Akhir
|
|
Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu
Jahal, dan Musailamah Al Kadzab
|
|
3.1 Menceritakan
perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2 Menceritakan
perilaku Musailamah Al Kadzab
|
|
Akhlak
4. Menghindari perilaku tercela
|
|
4.1 Menghindari
perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2 Menghindari
perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
|
Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan
Ramadhan
|
|
5.1 Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadhan
5.2 Melaksanakan
tadarrus Al-Qur’an
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
6.
MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
|
|
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat
13
|
|
Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
|
Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin
dan kaum Anshar
|
|
8.1 Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
|
Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
9.2 Meneladani
perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
|
|
Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat
|
|
10.1 Menyebutkan
macam-macam zakat
10.2 Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh
Departemen Agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar